Sabtu, 03 Desember 2011

Step by step cara berinvstasi di bursa saham Indonesia


Blog dokter ramzi spb | step by step cara berinvestasi di BEI | Bursa efek indonesia | Mendengar kata saham tidak jarang terjadi dalam kehidupan sehari-hari.seperti :

- Hari ini akan diadakan Rapat Umum pemegang saham

- Singtel memegang 30 % saham PT Telkom tbk

- Indeks Harga Saham Gabungan hari ini mengalami kenaikan lebih 30 point

- Pemegang saham Bank Jawa Barat Banten hari ini cum date pembagian deviden.

- Saham Krakatau steel hari ini di beli oleh posco korea selatan.

Semua kata-kata saham diatas memiliki pengertian yang berbeda dan terus terang akan sangat membingungkan bagi orang-orang yang belum pernah terlibat langsung dalam urusan-urusan seperti ini.Jadi saham merupakan besarnya penyertaan modal seseorang atau sekelompok orang dalam nilai tertentu pada suatu perusahaan.

Saham ada yang intern dan ada yang ekstern atau di jual di market atau bursa . Perusahaan yang melepas sahamnya di bursa di sebut perusahaan terbuka atau di singkat tbk contoh PT Telkom tbk.Saham yang di lepas dibursa ini biasanya bervariasi tergantung tujuan perusahaan melantai di bursa ada yg 3 % atau ada juga 10 %.Perusahaan terbuka ini di anggap merupakan perusahaan yang baik artinya mereka mau berbagi dengan masyarakat luas akan kepemilikan perusahaan tersebut.Atau dengan kata lain masyarakat telah menjadi pemilik perusahaan tersebut jika telah mempunyai saham perusahaan itu.

Menarik bukan jika kita telah memiliki saham perusaan tertentu semisal telkom sebanyak 1000 lembar atau 2 lot maka secara hukum kita termasuk pemilik perusahaan telkom tersebut.Dan segala sesuatu yang menyangkut perusahaan tersebut maka kita juga ikut merasakannya baik untung atau rugi . Jika perusaan mendapatkan keuntungan maka kita ikut mendapat keuntungan berupa deviden yang dibagikan oleh perusahaan setiap tahun.Jadi setiap lembar saham yang kita pegang akan mendapat deviden .Misalnya perusaan astra internasional indonesia membagikan deviden 800 rupiah per lembar saham . Maka setiap lembar saham yang kita miliki akan dibagikan rp 800 . Jika ada 1000 saham astra yang kita miliki maka deviden kita adalah 800.000 rupiah dari saham astra.

Selain deviden masih ada keuntungan lain yang bisa di dapat dari memegang saham astra misalnya waktu kita beli harga saham astra rp 40.000 kira-kira 1 tahun yang lalu dan sekarang harga saham astra sudah bertengger di 72.000 rupiah maka kapital gain dari saham astra dalam 1 tahun mengalami ke naikan rp 32.000. artinya kalau kita memiliki 1000 lembar saham astra berarti perlembar saham kita mendapatkan keuntungan rp 32.000 rupiah x 1000 lembar . kira-kira 32.000.000 juta  atau capital gain > 40 %.hmmmm
luar biasa.

Ilustrasi yang saya berikan ini adalah real dimana saat pertama saya mulai bertransaksi di bursa saham 1 tahun yang lalu.Memang saat ini astra adalah perusahaan yang termasuk pemberi deviden besar dan capital gain yang besar.serta perusahaan dengan harga saham premium dan big cap dan salah satu perusahaan swasta blue chips yang melantai di bursa saham indonesia.Ingat saat ini ada sekitar 430 perusaan telah listing di bursa saham indonesia.Anda tinggal pilih perusahaan mana yang potensil akan memberikan keuntungan kepada anda.tentu anda yang akan memilih bukan saya donk..

Baik jika anda telah memahami mengenai bursa saham mungkin berikutnya yang perlu saya ketahu apakah anda sudah siap untuk bertransaksi saham ?

Jika sudah siap maka kita akan melanjutkan ke langkah berikut . Bagaimana cara mulai bermain saham ?

Untuk Dapat bertransaksi saham maka anda harus membuka nomor rekening  bank baru di bursa saham indonesia . Banyak bank yang bekerja sama dengan BEI misalnya Bank Mandiri , Bank BRI , Bank BNI , Bank BCA dan lain-lain.Untuk bisa membuat rekening bank di bursa tersebut maka anda harus mendaftar di perusahaan sekuritas atau perusahaan pialang saham ada banyak perusahaan pialang saham di bursa efek jakarta contoh : Danareksa sekuritas , mandiri sekuritas , BNI sekuritas , valbury , bahana sekuritas dan lain-lain merupakan sekuritas atau perusahaan pialang lokal . Ada juga perusahaan pialang luar seperti philips moris , usb seecuritas , swiss bank dll. silakan anda pilih perusahaan pialang mana yang anda lebih yakin dan telah teruji integritas mereka.

Masing-masing perusahaan sekuritas memiliki standart minimal biaya pembukaan rekening di bursa efek indonesia . Ada yang kecil setoran awalnya semisal 5 juta ada juga yang besar sampai 50 juta. Hal ini dapat di pertanyakan terlebih dahulu ke perusaan sekuritas yang bersangkutan atau langsung di tanyakan kepada broker dari perusahaan sekuritas tersebut.

Nah jika semua telah oke dan keuangan anda telah tersedia silakan anda datangi kantor perusaan sekuritas tersebut dan mintalah pada broker yang anda telah kenal untuk mendaftarkan anda sebagai investor saham melalui perusahaan mereka .Maka anda akan di minta untuk mengisi formulir yang sudah tersedia pada perusahaan pialang tersebut.Isilah dengan lengkap dan sertakan foto copy KTP atau identitas lain dan selanjutnya akan di berikan nomor rekening bank pialang yang ada di bursa saham indonesia . Lalu silakan anda transfer jumlah uang minimal seperti yang telah di tentukan oleh perusaahaan pialang setelah uang di transfert maka bukti transfernya di simpan dan silakan anda telepon broker anda untuk memberitahukan bahwa uang telah di transfert dan dalam 2 hari anda telah dapat bertransaksi di bursa saham indonesia .

mudah bukan >>>

dalam bertransaksi di bursa saham perlu modal pengetahuan dan psikologi yang kuat.Ada 2 type pemain saham :

1. Type investor jangka panjang

2.Type investor jangka pendek atau lebih di kenal sebagai trader

Anda tipe yang mana hanya waktulah yang dapat menjelaskan kepada anda sendiri karena perlahan-lahan anda akan menyadari sendiri termasuk tipe yang manakah diri anda.Banyak hal yang perlu anda ketahui dalam bertransaksi namun kata kunci dalam berinvestasi harus selalu anda sadari ;

1.High gain , high loss

2.Pelajari serius tehnik fundamental dan tehnik analisa suatu perusahaan yang akan di beli

3.Masuklah di saat harga saham rendah dan keluarlah di saat harga saham tinggi

4.Pilihlah perusahaan yang ada di sekitar anda , pernah anda kenal , anda lihat kalau perlu anda memang
   terlibat di dalam perusahaan tersebut

5. Memahami psikologi bermain saham  .

Silakan mencoba semoga kita dapat menjadi pemain saham yang baik.

" Disaat orang lain membaca majalah playboy , biarlah saya membaca angka-angka dan grafik perusahaan"

kata orang bijak di bidang saham.

terimakasih

Tidak ada komentar:

Posting Komentar